|

802 Orang Ikuti Lomba Ketapel

Paolus Hadi Ketika membuka lomba ketapel

SANGGAU(SUARAKALBAR) -Sebanyak 802 orang peserta mengikuti lomba ketapel dalam rangka memeriahkan HUT Kota Sanggau yang Ke 403 tahun 2019, di komplek taman sabang merah Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, senin (1/4).

Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat membuka lomba ketapel di sabang merah mengatakan nampaknya generasi sekarang  ketapel sudah sudah tidak menjadi bagian yang sering dimainkan karena sudah diganti dengan alat-alat yang mulai canggih, seperti senapang angin dan lainya.

“Dulu waktu kecil kalau mau cari burung kuncit pasti manjat ke pohon kayu ara dan bawa ketapel biar dekat. Hari ini kita coba mengingat masa kecil bagi kami yang sudah tua, ”katanya.

Paolus Hadi menambahkan Sebenarnya dibeberapa tempat mereka juga memulai angkat tradisi ketapel ini. Hari ini, kita coba atur kompetisinya supaya kita bisa mengusulkan dari Sanggau, ketapel jadikan salah satu olahraga yang boleh diusulkan oleh daerah untuk Pekan Olahraga Provinsi (Proprov).

“Karena memang tidak gampang juga terapel itu. Saya ingat, saya usulkan jaraknya 30 meter, lalu diprotes, kemudian 20 meter diprotes juga, sekarang jadi 18 meter. Dan yang khusus perempuan 13 meter, ”jelasnya.

Koordinator Lomba Ketapel, Murdiansyah menyampaikan, Lomba ketapel diikuti 284 Kelompok/Team dimana satu team berangotakan tiga orang peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Untuk perempuan 34 team atau 102 orang, laki-laki 250 Team atau 750 orang, jadi totalnya sebanyak 802 orang, ”ujar Murdiansyah.

Lebih lanjut Murdiansyah mengatakan Lomba ketapel ini pertama kali digelar di Kabupaten Sanggau. Memang permainan tradisional ini sudah kita kenal sejak kecil, namun munculnya ide dan gagasan agar ketapel dilombakan adalah muncul dari Bupati Sanggau.

“Oleh karena itu panitia berharap kedepannya agar muncul ide-ide permainan tradisionalnya yang bisa tampil dan dilombakan atau dipertandingkan, ”kata Murdiansyah.

Selanjutnya Bupati Sanggau menandatangani Naskah pengajuan ke KONI Provinsi Kalbar agar permainan Ketapel (Slingshoot) bisa menjadi bagian dari Cabang Pertandingan di Porprov dimasa mendatang.

Turut Hadir dalam lomba tersebut Sekda Sanggau, AL Leysandri, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Perwakilan dari Kodim 1204/Sanggau, Jajaran OPD Sanggau, Ketua PKK, GOW dan DWP serta undangan lainya dan peserta lomba ketapel.(DD)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini