|

Pemkab Sekadau gelar Musrenbang dihadiri Wagub Kalbar

Sekadau (Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun anggaran 2020 di Aula lantai 2 kantor Bupati Sekadau, pada Kamis (28/3).

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutan acara pembukaan  Musrenbang mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2020 merupakan tahapan yang wajib dilaksanakan sebagai amanat nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta implementasi Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

 "Musrenbang ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah dilaksanakannya Musrenbang desa, dan kecamatan,serta forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah beberapa waktu lalu,"kata Rupinus.

Tujuan dilaksanakannya Musrenbang adalah untuk menyelaraskan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrenbang dengan proses negosiasi, rekonsiliasi serta harmonisasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diharapkan memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis untuk membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di Kabupaten Sekadau,” terangnya.

Selain itu, Rupinus juga menjelaskan bahwa Musrenbang RKPD Merupakan sebuah forum koordinasi dan dan konsultasi antar pemangku kepentingan yang dilakukan untuk menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah dengan hasil akhir adalah tersusunnya rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020.

Ia juga menyampaikan hasil capaian dan keberhasilan pembangunan Kabupaten Sekadau tahun 2018, antara lain : Pertama Pertumbuhan ekonomi yang mampu bertahan diatas 5 persen meskipun agak sedikit melambat.kedua,angka kemiskinan yang berada di bawah rata -rata provinsi yaitu 6,17 persen,PAD yang terus mengalami kenaikan,Opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) enam kali berturut -turut,dan hasil evaluasi akuntabilitas
kinerja instansi pemerintah terjadi
kenaikan nilai dari 46.18
dengan tingkat akuntabilitas kinerja
“c” pada tahun 2017, menjadi nilai 68.98 dengan tingkat akuntabilitas kinerja "B"pada tahun 2018.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalimantan barat H.Ria Norsan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pemerintah kabupaten Sekadau,yang telah membuat  kebijakan yang mengarah pada pencapaiaan IPM dari semua dimensi, yaitu pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

Khusus dibidang pendidikan, mulai tahun ini kita akan mengratiskan pendidikan untuk SMA maupun SMK .
Selain itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan dikalimantan barat secara keseluruhan,kita akan membangun sekolah ungulan ditiap - tiap kabupaten.

"Untuk tahun ini kita akan membangun sebanyak 5 unit mudah - mudahan tahun depan kabupaten Sekadau mendapatkan jatah pembangunannya, apakah SMA atau SMK kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah," kata Norsan.

Menyinggung mengenai pemekaran Provinsi Kapuas Raya,Norsan mengatakan dalam tiga tahun kepemimpinan gubernur  Sutarmidji bersama dirinya sudah bisa ketuk palu.

Usai menyampaikan sambutannya, Wagub menyerahkan bantuan beasiswa kepada 10 anak SMA dan SMK dari berbagai sekolah dikabupaten Sekadau yang dilanjutkan dengan penyerahan  sertipikat tanah kepada Bupati dan Kapolres Sekadau.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Admin
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini