|

Ontot; Kunci Pembangunan Nasional Terletak Pada Pembangunan Di Tingkat Terkecil Yakni Desa

SANGGAU(SUARAKALBAR) -Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa di Kabupaten Sanggau bertempat di Aula Hotel Meldy, selasa (26/3).

Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak empat puluh lima peserta yang terdiri dari perangkat LPM, LAD dan KPMD yang berasal dari kecamatan Desa Semongan Kec. Noyan, Desa Marita Kec.Parindu, Desa Sansat Kec.Toba, Desa Cempedak Kec.Tayan Hilir, Desa Sungai Tekam Kec.Sekayam, Desa Nekan Kec.Entikong, Desa Mawang Muda Kec.Beduai, Desa Layak Omang Kec.Mukok, Desa Engkadai Kec.Meliau, Desa Empodis Kec.Bonti, Desa Kaetori Kec.Jangkang, Desa Tae Kec.Balai, Desa Kedakas Kec.Tayan Hulu, Desa Sebuduh Kec.Kembayan, Desa Lintang Pelaman Kec.Kapuas dan berlangsung selama empat hari.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dalam sambutannya mengatakan dalam menilai kunci pembangunan nasional terletak pada pembangunan di tingkat terkecil yakni desa.

"Termasuk juga pembangunan di Kabupaten Sanggau yang merupakan kabupaten yang sangat luas di Provinsi Kalimantan Barat,"kata Ontot.

Dengan potensi sumber daya alam yang juga sangat besar, saya ingin peserta yang hadir hari ini bangga membangun desanya. Saya begitu yakin, melalui ajang ini akan lahir pemikiran yang lebih inovatif.

“Maka dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan Desa ini menjadikan program di desa juga dapat bersinergi dengan program Pemerintah Daerah,"ujarnya.

Sementara itu Kadis DPM Pemdes Kabupaten Sanggau Siron menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan  ini yaitu meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan lembaga pemberdayaan masyarakat desa agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat lebih berdayaguna dan berhasilguna.

"Setelah mengikuti Pelatihan diharapakan peserta memiliki kemampuan memahami manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat, Memahami kebijakan pemeritah daerah dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Memahami peran lembaga kemasyarakatan desa serta cara – cara membangun kerja sama, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, terampil memproses manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat,"ujar Siron.(DD/KmfS)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini