|

IAIN Pontianak terapkan inovasi baru pada wisuda besok

Pontianak (Suara Kalbar) -  IAIN Pontianak akan menggelar wisuda di ruangan Sport Center pada Kamis (28/3/2019) besok.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif mengatakan, wisuda kali ini adalah wisuda yang bersejarah. Untuk pertama kalinya wisuda setelah terbit Akreditasi Institusi IAIN Pontianak pada Desember 2018 lalu. "Kemudian ini juga wisuda yang terbanyak jumlah wisudanya," katanya sumringah.

Ketua Panitia Wisuda IAIN Pontianaak mengatakan, sebanyak 431 mahasiswa yang akan diwisuda.

"Adapun rincian yang diwisuda meliputi Pascasarjana 9 orang; Prodi Pendidikan Agama Islam 132 orang; Pendidikan Bahasa Arab 12 orang; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 31 orang; Pendidikan Islam Anak Usia Dini 8 orang; Ekonomi Syariah 94 orang; Perbankan Syariah 80 orang; Hukum Ekonomi Syariah 16 orang; Hukum Keluarga Islam 1 orang; Bimbingan Konseling Islam 22 orang; Komunikasi Penyiaran Islam 14 orang; Manajemen Dakwah 5 orang; Ilmu al-Qur'an dan Tafsir 5 orang" ujar Kabag Akademik dan Kemahasiswaan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum menjelaskan,  pihaknya melakukan inovasi pelaksanaan wisuda.

"Wisuda merupakan aktivitas akademik terakhir yang dijalani mahasiswa. Sejak IAIN Pontianak didirikan, pelaksanaan wisuda senantiasa membutuhkan waktu yang lama, karena proses pemindahan kuncir dilakukan terhadap seluruh wisudawan,"ungkapnya.

Senyata, pelaksanaan seperti itu menciptakan suasana yg melelahkan dan menjenuhkan, terutama bagi para undangan.
Membaca realitas rutinitas akademik tersebut IAIN Pontianak melakukan inovasi dengan merubah tradisi pemindahan kuncir oleh rektor hanya pada wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas, dan wisudawan lain mengikutinya dengan memindahkan sendiri kuncir mereka.

"Kebijakan ini senyatanya mematahkan mitos prosesi pelaksanaan wisuda, dimana pemindahan kuncir dianggap sakralitas kesarjanaan seseorang. Mitos ini menjadi ambigu ketika status kesarjanaan tetap bisa disandang oleh mereka yg berhalangan mengikuti acara wisuda" jelasnya.

Pada pelaksanaan wisuda kali ini, IAIN Pontianak juga menggelar expo  product muslim yang dipusatkan di gedung tower B yang dikoordinir secara profesional oleh panitia pelaksana.

Penulis: Aspari Ismail
Kasubbag THR IAIN Pontianak.
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini