|

Ahmad Zaini; Baru Dua Pemantau Pemilu Yang Audensi Ke Bawaslu Sanggau

Ahmad Zaini
SANGGAU(SUARAKALBAR) - Bawaslu Kabupaten Sanggau, melalui Koordinator divisi pengawasan hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Ahmad Zaini menyebut sampai saat ini, baru dua lembaga pemantau Pemilu yang melakukan audiensi ke Bawaslu Sanggau terkait tugas dan fungsinya melakukan pemantauan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Sanggau.

"Kedua lembaga tersebut adalah Lembaga Pemantau Pemilu Pemuda Muslimin Indonesia (LP3MI) dan Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), dari Lima lembaga pemantau pemilu yang terdaftar di Kalbar yang bertugas di Sanggau dan siap bekerja melakukan pemantauan pemilu di 14 Kabupaten/kota kata Zaini kepada wartawan, Jumat (29/3).

Zaini menjelaskan bahwa berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pemantauan Pemilu, pemantau pemilu wajib mendaftar di Bawaslu.

"Pemantau Pemilu yang sudag mendaftar di Bawaslu RI, nanti di Kabupaten mereka cukup melakukan audiensi dan kesepakatan kerja yang terintegrasi dengan Bawaslu Kabupaten," jelas Zaini.

Zaini menjelaskan, lembaga pemantau pemilu adalah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum yang terdaftar di Bawaslu dan memperoleh akreditasi dari Bawaslu.

"Tugas pemantau ini adalah memantau pelaksanaan tahapan pemilu. Jadi pemantau pemilu ini juga wujud dari partisipasi masyarakat untuk menciptakan pemilu yang berintegritas," ujarnya. (DD/i)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini