|

54 Orang Terima Zakat Dari Baznas Sanggau

Staf ahli Bupati ketika menyerahkan bantuan zakat
SANGGAU(SUARA KALBAR) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau salurkan zakat kepada 54 Fakir Miskin dan kaum duaffa (fuqorro" wal masakin) di Aula Kantor Baznas Kabupaten Sanggau.jalan H. Abbas Kelurahan Ilir Kota.

Penyaluran zakat tersebut diberikan dalam bentuk bantuan beasiswa, modal usaha dan guru ngaji tradisional. Hadir dalam acara penyerahan bantuan Bupati Sanggau yang diwakili staf ahli Bupati, Eka Pria Saputra, Kepala Kantor Kementrian Agama Sanggau yang diwakili Kasi Bimas Islam H. Toyib Saefuddin Alayubi, Ketua Baznas Kabupaten Sanggau H. Sjamsul Chaidir didampingi dua komisioner Baznas Kabupaten Sanggau lainnya serta puluhan kaum mustahik penerima zakat.

Bupati Sanggau dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bupati Eka Pria Saputra menyambut baik penyaluran bantuan yang dilakukan Baznas Provinsi Kalbar dan Baznas Kabupaten Sanggau. Eka berpesan agar bantuan yang diberikan tersebut dimanfaatkan sebaik - baiknya.

"Khususnya kepada siswa yang menerima bantuan beasiswa, gunakan uang itu untuk kebutuhan sekolah, jangan untuk beli pulsa, maklumlah anak zaman now yang kesehariannya banyak bergaul dengan Handphone, ini sekedar mengingatkan," tutur Eka.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau yang diwakili Kasi Bimas Islam, H. Toyib Saefuddin Alayubi dalam sambutannya menyampaikan berdirinya Baznas adalah amanah UU nomor 23 tahun 2011. Oleh karena itu keberadaan Baznas di daerah sangat penting dalam rangka memajukan umat. Agar program Baznas diketahui masyarakat, Baznas Sanggau telah mengadakan sosialisasi ke kecamatan - kecamatan. Dari 15 Kecamatan, sudah 12 Kecamatan yang sudah dikunjungi Baznas.

"Jadi ada tiga Kecamatan yang belum yakni Kecamatan Jangkang, Kecamatan Toba dan Kecamatan Noyan. Insyallah kami tetap akan ke tiga Kecamatan itu untuk mensosialisasikan program - program Baznas," ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kabupaten Sanggau H. Sjamsul Chaidir membeberkan rincian penyaluran Baznas yang akan diserahkan. Pertama, bersumber dari bantuan Baznas Provinsi Kalbar dengan rincian untuk bantuan beasiswa SD/MI diberikan kepada 5 siswa persiswa mendapatkan Rp 500 ribu, SMP/MTs diberikan kepada 5 siswa dengan nilai Rp 600 ribu dan SLTA diberikan kepada 5 siswa dengan nominal Rp 1 juta, bantuan modal usaha ekonomi produktif kepada 5 pengusaha kecil sebesar Rp 1 juta perorang dan bantuan kepada 3 guru ngaji tradisional masing-masing sebesar Rp 1 juta.

Sementara yang bersumber dari Baznas Kabupaten Sanggau, lanjut dia yakni bantuan beasiswa kepada SD/MI kepada 10 orang dengan nominal Rp 100 ribu/orang untuk tiga bulan sekali, SMP/MTs kepada 7 siswa dengan besaran Rp 100 ribu/orang untuk tiga bulan dan SLTA kepada 17 siswa sebesar Rp 100 ribu/orang selama tiga bulan. (DD/i)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini