|

JaDI desak KPU unggah data 6.973 caleg Kalbar

Pontianak(Suara Kalbar) - Sebanyak 6.973 calon legislatif yang ada di Kalimantan Barat wajib mengupload data terkait pemilihan pada 17 April 2019.
Jaringan Demokrasi Indonesia Kalbar, (JaDI) mendesak KPU Kalbar untuk mengupdate data ke 6.973 caleg yang merupakan data calon tetap (DCT) meliputi DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Presidium JaDI Kalbar, Umi Rifdiyawati mengatakan jika saat ini KPU Kalbar terkait pengumuman data caleg belum diunggah di laman infopemilu.kpu.go.id yang menjadi kewenangan KPU RI atas data yang diserahkan oleh KPU Kalbar.
"Bahkan terkait data caleg DPR RI dari Kalbar sama sekali belum terunggah," ungkapnya kepada suarakalbar.co.id, Senin (4/2/2019).

Menurutnya dari 16 Parpol yang ada bahkan, KPU belum mengeluarkan data terkait ribuan caleg Kalbar di portal Pemilu tersebut.
"Untuk data DPRD Provinsi sudah terisi ada 54 Dapil semua DCT dokumen pendukung di Portal info Pemilu, namun masih banyak data para caleg yang belum terunggah," jelasnya.

Diakui mantan Ketua KPU Kalbar ini bahwa JaDI Kalbar terus menerus mendorong KPU Kalbar agar dapat mengunggah semua data Dapil Kalbar baik DPRD Kabupaten/akota termasuk caleg dari DPR RI.
"Mengapa penting,  karena portal pemilih ini dapat menjadi informasi terkait caleg jangan sampai memilih kucing dalam karung. Ketika pemilih bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai Caleg, dengan diunggahnya data caleg dapat menjadi pertimbangan masyarakat memilih dan tingkat partisipasi masyarakat meningkat juga menekan golput," paparnya.

Selain itu alasan wanita berkerudung ini mendorong KPU mengunggah DCT untuk caleg di dapil Kalbar dikarenakan salah satu pelayanan publik dan dapat menjadi informasi baru bagi masyarakat berkaitan data caleg yang selama ini belum menyampaikan track record mereka sebagai wakil rakyat sementara mengupload menjadi kewajiban KPU.

Wakil Presidium JaDI Kalbar, Misrawi menambahkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada KPU hanya 20 persen sehingga data yang harusnya diunggah KPU ini dapat mengembalikan kembali kepercayaan masyarakat terkait pemilihan para caleg.

Sementara Ketua KPU Kalbar, Ramdan mengakui jika data para caleg Kalbar semenjak diumumkannya daftar calon tetap oleh KPU masing-masing kabupaten/kota telah dikirimkan melalui KPU RI meski hingga saat ini sebagian belum terunggah di laman KPU RI.
"Penyerahan data telah kita lakukan lama namun kewenangan ada di KPU RI," katanya.

Mantan jurnalis inipun menambahkan meski belum semua terupload di laman KPU dan menjadi kewenangan KPU RI, Ramdan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung KPU sehingga melaksanakan tugas dan kewajiban pemilu sesuai dengan aturan yang ada.
"Kami langsung konfirm ke KPU RI dan terkait data telah kami sampaikan setelah DCT ditetapkan, Terimakasih kepada JaDI serta seluruh pihak yang terus mendukung KPU demi lancarnya Pilkada 17 April mendatang," pungkasnya.

Penulis  : Dina Prihatini Wardoyo
Editor.   : Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini