|

AMSI Kalbar akan dideklarasikan

Logo AMSI
Pontianak (Suara Kalbar) - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Kalimantan Barat akan dideklarasikan dan pembentukan kepengurusan periode 2017-2022 dengan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) di Kota Pontianak pada 16 Februari 2019 mendatang.

"AMSI ditargetkan menjadi wadah diksusi untuk mendorong jurnalisme siber yang tak hanya sesuai etik, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi serta menghadirkan berita akurat serta sesuai dengan kode etik jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Media Siber,"kata Koordinator AMSI Wilayah Kalimantan, Fakhurrodzi dalam siaran persnya,Senin (11/2).

Konferwil AMSI Kalbar itu diagendakan pengesahan tatib oleh Korwil, pemilihan pimpinan sidang, lengesahan AMSI Daerah dengan penandatangan Deklarasi AMSI Daerah, Pemilihan Ketua AMSI Daerah,  Badan Pengawas dan Majelis Etik AMSI Daerah, Pembahasan Rencana Kerja dan Rekomendasi.

"Banyak hal manfaat ada organisasi memayungi media siber. Bagi media siber yang ingin bergabung syaratnya berbadan hukum PT dengan Bidang Usaha Perusahaan Pers dan SK Kemenkum HAM,"katanya.

Menurut Pempred Riauonline.co.id ini, langkah awal dalam kepengurusan AMSI Kalbar jika sudah terbentuk  memikirkan agar semua media Online di wilayah Kalbar bisa terverifikasi di Dewan Pers, agar perusahaan pers tersebut  dapat memenuhi ketentuan yang disyaratkan Undang-undang Pers.

"Target kita agar semua anggota AMSI bisa lolos di Dewan Pers, sehingga barkot yang ada kepada perusahaan pers online lebih dulu daripada teman-teman kita di luar (bukan anggota AMSI)," katanya.

"Kita berharap media Online yang masih berstatus CV agar menjadi perusahaan berbadan hukum PT sebagaimana syarat mutlak pendirian perusahaan pers,"tegasnya.

Sementara itu, Panitia Konferwil AMSI Kalbar, Kundori mengatakan, Deklarasi sekaligus Konferwil AMSI Kalbar akan digelar di Kampoeng English Poernama Y37-40, Jl Poernama Agung VII atau Jl Parit Demang, Gg Akasia Indah No 5 pada 16 Februari pukul 09.00 hingga selesai.

"Saat ini kami masih menunggu berkas kawan-kawan media yang siap gabung di AMSI. Silahkan mengisi formulir pendaftaran,"kata Kundori Pempred Suarakalbar.co.id ini.

Adapun media siber yang sudah menyatakan gabung yakni Suarakalbar.co.id, Wartajurnalis.com, Suaralandak.co.id, Teraju.id, Betangrayapost.com,Kapuasrayatoday.com,Majalahmataborneonews.com,Borneoterkini.id, Uncak.co, Sorotpost.com, Tribunpontianak.co.id, Antarakalbar.com,Pontianakpost.co.id,Berkattv.com,Borneonetv.com,Kalbarnews.co.id.

"Semua media yang sudah menyatakan gabung agar melengkapi berkas dan nanti akan diverifikasi oleh tim,"tegas Kundori.

Seperti diketahui, AMSI dibentuk oleh 26 pemimpin redaksi media digital yang concern terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

AMSI ini juga dapat menjadi tempat untuk diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan stakeholder lainnya, juga untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Setelah terbentuk, AMSI akan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi media yang sudah ada seperti Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Penulis: Rilis
Editor: Dina Wardoyo

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini